Visi, Misi dan Tujuan

  • By admin

Visi Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya adalah :

 

“Menjadi Fakultas Teknik terkemuka berbasis riset yang unggul dalam memiliki, menguasai, dan mengembangkan keahlian di bidang keteknikan pada tahun 2025”.


Visi Fakultas Teknik dirumuskan selaras dengan visi Universitas Sriwijaya. Unggul dan handal dalam pelaksanaan pendidikan dan pengajaran serta ekselen dalam melaksanakan penelitian yang berkualitas berbasis sumberdaya dan kearifan lokal. Sumberdaya dan kearifan lokal mempunyai pengertian sumberdaya dan kearifan lokal yang dimiliki Provinsi Sumatera Selatan,  antara lain perkebunan karet yang terluas di Indonesia, perkebunan kelapa sawit terluas ketiga di Indonesia, produksi batubara, minyak bumi dan gas alam yang melimpah di Sumatera Selatan. Sumberdaya lokal inilah yang kemudian dimanfaatkan menjadi sumber energi antara lain energi listrik, biodiesel, bioetanol, dan produk-produk energi lainnya. Keunggulan ini yang diangkat menjadi roadmap penelitian di Fakultas Teknik. 

 

 Untuk mencapai visi tersebut maka Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya mempunyai misi sebagai berikut :

  1. Menghasilkan manusia Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, berbudaya Indonesia, bersemangat ilmiah, yang menguasai IPTEKS dalam bidang keteknikan serta mampu mempergunakannya untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa.
  2. Menyelenggarakan tridharma perguruan tinggi bidang keteknikan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dengan senantiasa meningkatkan pemerataan dan perluasan akses, mutu, relevansi dan daya saing serta good governance, akuntabilitas dan pencitraan publik.
  3. Berperan serta aktif dalam penelitian bidang keteknikan untuk menghasilkan pendekatan pemecahan masalah nasional dan global melalui kolaborasi riset dengan perguruan tinggi lain dan lembaga riset terkemuka di dalam dan luar negeri.

 

Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya mempunyai misi yang bertujuan untuk menyelenggarakan fungsi kelembagaan pendidikan tinggi bidang keteknikan dengan rincian sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang akan bertindak sebagai anggota masyarakat yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berbudaya Indonesia, bersemangat ilmiah, serta memiliki kemampuan akademik dan dan profesional dan sanggup berkinerja baik di lingkungan kerjanya serta:
  • Bagi lulusan S-1: mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mengembangkan kemampuan diri terhadap tuntutan kemajuan dan berperan dalam pemeliharaan dan operasi proses produksi di bidang keteknikan.
  • Bagi lulusan S-2: mampu mengembangkan penerapan dan mengembangkan ilmu pengetahuan teknologi dalam peran penelitian dan pengembangan proses produksi di bidang keteknikan.
  • Bagi lulusan S-3: mampu mengembangkan dan menemukan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam peran penelitian dan pengembangan proses produksi dalam bidang keteknikan.
  1. Menghasilkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, informasi dan seni yang terbaik dalam bidang keteknikan yang diperlukan untuk peningkatan kualitas dan produktivitas masyarakat Indonesia seiring dengan upaya menghasilkan peneliti dan pemikir serta memutahirkan pengetahuan dan kemampuan agar Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya berdaya dalam menghimpun, mengalihkan, menyebarkan, menafsirkan, dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni dalam bidang keteknikan yang telah ada bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

 

Tujuan umum Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya adalah menghasilkan Sarjana Teknik yang mempunyai perilaku dan tanggung jawab sebagai berikut:

  1. Bersifat terbuka, dapat menghargai pendapat orang lain, kreatif dan tangguh, mampu berpikir secara analisis dan sintesis, berilmu dan terampil serta bermoral Pancasila yang berbudi luhur.
  2. Bermotivasi meningkatkan partisipasi dalam pembangunan guna mewujudkan trilogi pembangunan.
  3. Dapat memelihara dan mengembangkan demokrasi serta menjunjung tinggi hakdan kewajiban warga negara dalam rangka mengamalkan Pancasila dan UUD 1945.
  4. Mampu mengembangkan nilai-nilai budaya yang luhur dan relevan guna mendorong perkembangan masyarakat yang positif dalam rangka pembangunan bangsa yang berdasarkan kepribadian Pancasila.

 

Tujuan khusus Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya adalah menghasilkan lulusan Magister yang mempunyai perilaku dan tanggung jawab sebagai berikut:

  1. Mampu berbuat dan bersikap positif secara mandiri dalam mengembangkan ilmu pengetahuan yang telah dimiliki dan meneruskan ilmu tersebut secara arif dan bijaksana bagi kepentingan masyarakat.
  2. Memiliki daya kreatif inovatif dan kemampuan secara analisis dan sintesis.
  3. Dapat bekerja dalam bidang perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pengolahan atas dasar konsep-konsep yang umum;
  4. Mampu meningkatkan keterampilan di bidang pekerjaan.
  5. Mempunyai bekal cukup untuk melanjutkan studi pada jenjang yang lebih tinggi setelah melampaui suatu proses kualifikasi.